Saturday, March 31, 2007

Install 2 OS

1. saya asumsikan bahwa komputer anda sudah terinstalasi windows 98 (win 2000) dengan baik, apa bila belum maka bapak dapat menginstalnya terlebih dahulu.

2. bila windows 98 sudah terinstal, maka ada baiknya bapak sudah memback-up semua data bapak, kalau-kalau terjadi kesalahan dalam mempartisi, karena kita masih sam-sama belajar, jadi pada awalnya kita harus membuat pencegahan.
3. kemudian installah partition magic 7.0 (ada dalam : pc shop 2002, pc shop 121, pc shop 2003)pada komputer bapak. dari sinilah kita memulai partisi dari hardisk tersebut.
4.setelah partition magic tadi sudah terinstal (diasumsikan bahwa tidak ada masalah pada saat anda mengFDISK komputer bapak), dalam hardisk bapak terbagi dua c:/ dan d:/, maka kita buat new partition pada hardisk bapak tersebut, kemudian kita bisa memilihnya , ada linux dan lain-lain (baca semua instruksinya, dan ikuti semua keterangan yang "recomended").
setelah partisi untuk linux dan swap-nya sudah di buat, maka bapak dapat merestart komputer bapak, dan selanjutnya partition maic yan akan bekerja untuk membagi harddisk tersebut.
5. (diasumsikan bahwa hardisk tsb telah terpartisi), maka bapak dapat merestart kembali dan kemudian mengset bios agar dapat booting dari cd-rom. lalu bapak masukan linux redhat 7.3 dan mulailah untuk menginstalnya. bapak dapat menggunakan yang graphic mode agar lebih mudah dalam penginstalan.
6. setelah itu anda tinggal next, kemudian tibalah pada language bapak dapat memilih English next lagi, installation type bapak pilih workstation, kemudian disk partitioning setup, bapak pilih “have the installer automatically partition for you”.
7. tiba pada “Automatic Partitioning” bapak pilih keep all partition and use existing free space kemudian next, bila ada pilihan (pilih OK).
8. tiba pada disk setup : klik di table dibawah yang memunyai mount = / (garis miring) kemudian di next lalu (OK).
9. boot loade configuration : bapak dapat memilih GRUB, terserah apabila mau memilih lilo, tapi kemarin saya memakai grub dan tidak bermasalah. kemudian klik di boot image nya pilih boot label DOS. Lalu tinggal next, dan selanjutnya untuk instalasi yang lain mungkin bapak bisa lanjutkan sendiri. Karena semua yang berhubungan dengan setting dual OS sudah lewat.

No comments: